Tujuan Program Studi

Tujuan Program Studi:

Sejalan dengan tujuan STKIP Siliwangi Bandung, maka Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) memiliki tujuan sebagai berikut:

  1. Mampu    mengaplikasikan    pendidikan,   penelitian,   dan pengabdian  yang  didapatkan  di  perkuliahan  melalui pelaksanaan kurikulum yang terintegrasi/satu paket di SD dimana lulusan bekerja. Kurikulum PGSD STKIP Siliwangi menawarkan kurikulum yang terintegrasi/satu paket dengan sebaran mata kuliah yang inspiratif, unggul, inovatif serta aktual yang  memuat  dan  membekali  calon  guru  SD  secara komprehensif sebagai guru SD yang professional kelak.
  2. Mampu  mengaplikasikan  pembelajaran  yang  unggul,  inovatif, dan aktual sebagai satu kesatuan yang tidak terpisahkan dalam proses perkuliahan. Sistem perkuliahan yang berbeda dengan proses perkuliahan yang biasa dilakukan oleh LPTK sejenis menjadi daya saing dan unggulan di program studi PGSD STKIP Siliwangi. Keterlibatan SD-SD mitra sebagai bagian dari masyarakat pembelajar pengguna lulusan menjadi nilai unggul dan positif dalam menghadapi pasar bebas ASEAN. Sistem perkuliahan yang melakukan praktek hampir 50% di SD mitra akan memberikan pengalaman yang luar biasa besar bagi calon guru SD sebelum mereka terjun langsung di lapangan melalui Program Latihan Profesi (PLP) menjadi program terbaik untuk menjadikan guru SD menjadi lebih siap dan prosessional di bidangnya.
  3. Mampu   mencapai   tujuan   dan   kualitas   mutu,   bahkan   bisa melampaui kriteria unggul yang sudah ditetapkan oleh program studi.
  4. Mampu mencapai semua standar minimal mutu yang telah ditetapkan, yang dicapai melalui proses yang berkesinambungan.
  5. Mampu menjadi inspirasi di lingkungan masyarakat   sehingga menjadi acuan kualitas program studi PGSD. Kemampuan tersebut diberikan melalui mata-mata kuliah Kewirausahaan , Network Planning, Budaya Sunda, Keterampilan Karawitan, Keterampilan Membatik Cimahi, dan Keterampilan Melukis.
  6. Mampu mengaplikasikan dan memanfaatkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEKS) dalam bidang ke-SD-an dan mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi dalam penyelesaian masalah-masalah pendidikan, khususnya bidang ke-SD-an. Kemampuan tersebut diberikan melalui mata-mata kuliah Pendidikan Bahasa Inggris SD, Inovasi Pendidikan, Dasar Teknologi Informasi dan Komunikasi, Statistik Pendidikan, Sumber dan Media Pembelajaran SD, Network Planning.
  7. Menguasai    konsep   teoritis   bidang   ilmu   ke-SD-an   secara mendalam  dan  mampu  memformulasikan  penyelesaian masalah-masalah prosedural yang dihadapi di lapangan. Kemampuan tersebut diberikan melalui mata kuliah – mata kuliah Pembelajaran Bahasa Indonesia SD, Pembelajaran IPA SD, Pembelajaran IPS SD, Pembelajaran Matematika SD, Pembelajaran PKn SD, Pembelajaran Mikro, Perencanaan Pembelajaran SD, Program Latihan Profesi (PLP),  Pembelajaran Menggunakan Dua Bahasa, Pembelajaran Terpadu, Pedagogika, Pendidikan Holistik, Strategi Belajar Mengajar SD.
  8. Mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data serta memberi petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi serta dapat memberikan rekomendasi yang  berkaitan  dengan  ke-SD-an.  Kemampuan  tersebut diberikan melalui mata-mata kuliah Metodologi Penelitian, Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Skripsi, Seminar Proposal Penelitian, Teknik Penulisan Karya Ilmiah.
  9. Bertanggungjawab pada pekerjaan sendiri di SD-nya masing- masing serta dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja yang telah dilakukan. Kemampuan tersebut diberikan melalui  mata  kuliah  –  mata  kuliah  Pendidikan  Agama, Pendidikan  Kewarganegaraan,  Pendidikan  Pancasila, Pendidikan  Karakter,  Kuliah  Kerja  Nyata  Mandiri, Kepramukaan, Manajemen Berbasis Sekolah, Pendidikan Anti Plagiat dan Anti Korupsi, Pengelolaan Pendidikan, Pengelolaan Perpustakaan Sekolah.